Kamis, 09 Januari 2020

Cara Mengatasi Dislokasi Bahu

Share

Cara mengatasi dislokasi bahu yang pertama adalah dengan melakukan diagnosa untuk melihat nyeri, bengkak serta perubahan posisi. Melalui diagnosa yang tepat dokter akan mengetahui penyebab dislokasi bahu yang anda alami, kemudian bisa memutuskan pengobatan yang tepat untuk penyakit yang anda alami. Beberapa pengobatan yang direkomendasikan dokter sangat membantu menyembuhkan penyakit ini. Berikut beberapa langkah pengobatan yang mungkin dilakukan.

Beberapa Cara Mengatasi Dislokasi bahu
Beberapa cara mengatasi dislokasi bahu yang mungkin dilakukan dokter untuk membantu mengatasi masalah tulang dan persendian yang anda rasakan, berikut diantaranya :

·        Reduksi tertutup
Untuk mengembalikan tulang bahu ke posisi yang benar dokter akan melakukan beberapa maneuver halus yang tergantung dari tingkat rasa sakit serta bengkak. Selain itu ada kemungkinan anda membutuhkan sedative atau relaksan otot, atau membutuhkan anestesi umum sebelum memanipulasi tulang bahu anda meski kondisi ini cukup jarang terjadi. Setelah tulang bahu kembali ke posisi awal maka rasa nyeri akan semakin membaik.

·        Operasi
Dokter akan melakukan tindakan operasi ketika pasien dislokasi memiliki sendi bahu atau ligamen yang lemah dan cenderung memiliki dislokasi berulang meski telah dilakukan penanganan  dengan penguatan dan rehabilitas yang tepat. Ada kondisi langka yang juga membutuhkan penangan melalui jalur operasi ketika saraf atau pembuluh darah terganggu.

·        Imobilisasi
Cara mengatasi dislokasi bahu selanjutnya adalah imobilisasi. Yakni dengan cara menggunakan splint  khusus dalam beberapa hari atau bisa sampai 3 minggu. Cara ini dilakukan untuk menjaga bahu dari pergerakan. Penggunaan split  tergantung dari kondisi baghu serta seberapa cepat imobilisasi dipasang setelah mengalami dislokasi bahu.

·        Obat – obatan
Dokter akan memberikan obat atau pil untuk mengatasi peradangan atau relaksasi otot untuk membantu anda merasa lebih nyaman hingga menunggu bahu menjadi lebih baik.

·        Rehabilitasi
Setelah mobilisasi yang dilakukan sebelumnya selesai dilakukan atau splint yang dipasang di bahu muai dilepas, maka dokter akan melakukan program lanjutan yaitu proses rehabilitasi untuk memperbaiki pergerakan, kekuatan serta stabilitas pada sendi bahu. Saat dislokasi bahu yang anda alami masih tergolong sederhana dan tidak menyebabkan kerusakan saraf maka dapat kondisi ini dapat membaik dengan sendirinya, namun memiliki resiko terulang kembali di lain waktu. Maka dari itu sebaiknya segera hubungi dokter untuk membantu anda sembuh total.

Cara Mengatasi Dislokasi Bahu
irhto.com

Pengobatan Rumah
Untuk mengatasi dislokasi bahu selain membutuhkan bantuan dokter ahli juga bisa anda lakukan pengobatan rumah dengan mengubah gaya hidup. Berikut diantaranya :

·        Istirahatkan bahu anda. Saat bahu mengalami dislokasi sebaiknya hindari pergerakan yang menyebabkan rasa sakit, hentikan mengangkat benda berat, jangan ulangi tindakan yang menyebabkan tulang bahu anda bergeser, serta hindari aktivitas di atas kepala hingga kondisi anda membaik.

·        Kompres panas dingin. Untuk mengurangi memar dan bengkak sebaiknya sering kompres menggunakan es batu selama 15 hingga 20 menit. Kompres es batu ini juga bisa mengurangi rasa nyeri. Ketika kondisi dislokasi semakin membaik lanjutkan dengan mengompres menggunakan handuk panas untuk membantu merilekskan otot yang tegang.

·        Gunakan obat penawar rasa sakit, seperti aspirin, ibuprofen,  serta  naproxen sodium
Demikianlah cara mengatasi dislokasi bahu yang paling tepat. Dengan bantuan dokter ahli, masalah yang anda alami bisa teratasi dengan baik. Semoga cara pengobatan ini bisa memberi informasi penting untuk anda. Selamat mencoba.