Jumat, 15 November 2019

Aktivitas yang Dilarang untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Share

Sebagai ibu yang sedang hamil, menjaga kandungan adalah kondisi yang sangat penting buat diperhatikan. Nggak gampang untuk menjaga kehamilan, karena pola hidup yang nggak sehat akan membuat kesehatan janin dan ibunya terganggu. Makannya, ada aktifitas yang dilarang saat hamil, seperti berhubungan saat hamil terutama di trimester pertama agar semuanya tetap dalam keadaan sehat sampai kelahiran.

Kehamilan di masa trimester pertama menjadi kondisi yang sangat berisiko. Nggak asal kegiatan bisa dilakukan karena bisa membahayakan kondisi janinnya. Biar ibu dan janinnya tetap sehat, ibu hamil harus tahu larangan apa saja yang wajib banget diperhatikan, khususnya di aktivitas sehari-harinya.

Aktivitas yang Dilarang untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Diet Pengurusan Tubuh
Ibu yang sedang mengandung buah hatinya harusnya sadar kalau berat badan pasti akan bertambah seiring waktu selama masa kehamilan. Meski berat badannya bertambah karena sedang hamil, jangan jadikan alasan buat melakukan diet menguruskan tubuh.

Janin tentu harus mendapatkan nutrisi yang cukup agar perkembangannya sempurna. Makannya, lebih baik jangan melakukan diet yang nggak seharusnya dan tetap konsumsi makanan sehat demi perkembangan janin.

Olahraga Berat
Olahraga adalah kegiatan yang sangat sehat dilakukan agar terhindar dari penyakit atau buat mengatasi penyakit tertentu. Tapi, beda lagi loh kalau buat ibu hamil. Meski sehat dilakukan, ibu hamil nggak boleh menjalankan olahraga berat, seperti gym, lari, dan sebagainya.

Melakukan olahraga berat akan membuat janin lebih gampang keguguran. Biar nggak terjadi, lakukan saja olahraga yang ringan, seperti yoga atau jalan kaki pada saat pagi hari.

Tes Rontgen
Tes rontgen adalah tes yang hasilnya dalam berupa gambar agar bisa melihat kondisi bagian dalam badannya. Saat tes ini dilakukan, tentu ada paparan sinar radiasi dari alatnya. Karena efeknya sangat berbahaya buat kesehatan janin, nggak heran tes rontgen termasuk aktifitas yang dilarang saat hamil.

Kalau ibu hamil ada yang sedang mengidap penyakit tertentu, lebih baik hindari penggunaan tes ini. Tapi memang sih dokter nggak akan menyarankan buat memakainya karena radiasinya bisa mengenai rahim.

Menggunakan Make Up yang Punya Kandungan Berbahaya
Agar terlihat cantik, kebanyakan cewek memakai make up di berbagai kesempatan, entah saat menghadiri acara, hangout, atau bahkan ke kampus. Tapi, nggak semua make up punya kandungan yang sehat karena sekarang ini sudah mulai beredar make up yang memiliki kandungan merkuri.

Makannya itu, ibu hamil perlu berhenti sejenak nggak memakai make up karena bisa mempengaruhi perkembangan janinnya. Kalau mau merawat wajah, coba saja gunakan bahan-bahan alami yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Memakai High Heels
Salah satu aktifitas yang dilarang saat hamil pada trimester pertama yaitu nggak boleh menggunakan high heels. Sepatu yang punya hak tinggi akan membuat cewek lebih percaya diri, terutama yang tinggi badannya pendek. Tapi, khusus buat ibu hamil lebih baik nggak memakai sepatu yang berhak tinggi.

Ibu hamil yang pakai sepatu high heels akan membuat kaki bawahnya tertekan dan memberikan pengaruh yang nggak sehat buat kesehatan janinnya.

Sudah semakin paham kan larangan apa saja yang harus diperhatikan selama mengandung? Lebih baik menghindari kegiatan-kegiatan tersebut demi keselamatan janin dan ibunya. Mau kan buah hati kamu sehat dan terlahir sempurna?